Senin, 26 September 2011

mengenal dataran bawah laut yang eksotis

Abstrak
Secara umum, bawah laut dibagi menjadi 4 bagian, yaitu: Landasan benua (continental shelf), Lereng benua (continental slope), Deep sea plain, dan The deeps. Di dataran bawah laut ada ternyata ada gunung laut, palung, basin, punggung laut dan ambang laut. Gunung laut adalah bagian dari dataran lautan yang berdiri sendiri dengan kaki yang mulai ada di dasar laut dan puncak gunung laut yang muncul keluar dari permukaan laut, contohnya Gunung Krakatau. Palung laut adalah dasar laut yang dalam, yang diakibatkan oleh menyusupnya lempeng samudera ke bawah lempeng benua. Palung yang sangat terkenal adalah Palung Marina. Lubuk laut atau basin atau bekken adalah cekungan di dasar laut berbentuk bulat atau lonjong (oval).
Kata kunci : Laut, Gunung, Palung, Basin.

Pendahuluan
Laut merupakan wilayah yang mengisi dua per tiga dari luas bumi. Laut juga merupakan sumber daya yang sangat potensial, baik dari segi keindahan hingga dari segi flora dan fauna yang hidup di lautan. Hal ini sudah menjadi rahasia umum di setiap lapisan masyarakat. Namun, berapa orang yang tahu apa saja yang ada di bawah laut? Bagaimana bentuk dasar laut ? dan pertanyaan sebagainya. Ternyata setelah dilakukan penelitian oleh beberapa ahli, terjawablah sudah pertanyaan-pertanyaan diatas. Dataran di bawah laut ternyata sangat eksotis, sama seperti dataran yang ada di atas permukaan laut. Ada gunung, lembah, bahkan gunung berapi pun ada di dalam bawah laut. Dataran bawah laut juga mempunyai kontur yang unik. Contohnya, pada dasar bawah laut terdapat palung yang kedalamannya bisa mencapai 11.034 meter.

Isi
Secara umum, bawah laut dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1.   Landasan benua (continental shelf)
2.   Lereng benua (continental slope)
3.   Deep sea plain
4.   The deeps

Gambar1. Bagian bentuk bumi dasar laut

Dari gambar 1, telah diketahui bahwa bentuk bumi bawah laut sangat menarik. Sama seperti bentuk bumi di dataran atas pemrmukaan laut, ada lembah, jurang, cekungan, bahkan gunung berapi juga ada di bawah laut. Namun, apa itu gunung laut? Apa itu palung? Dan apa itui basin? Berikut adalah penjelasannya.
1.   Gunung Laut
Gunung laut adalah bagian dari dataran lautan yang berdiri sendiri dengan kaki yang mulai ada di dasar laut dan puncak gunung laut yang muncul keluar dari permukaan laut. Namun, tidak semua puncak dari gunung laut yang muncul ke atas permukaan laut, ada juga yang hanya sebatas permukaan laut, dan ada juga yang dibawah permukaan laut. Puncak gunung laut dibagi menjadi :
a.   Guyon : bagian puncak gunung seperti meja yang datar dan puncaknya       tidak keluar dari permukaan air
b.   Eurasian : bagian puncak seperti guyon tetapi puncaknya pas berada di permukaan air
c.   Volcanic Island : bagian puncak keluar dari permukaan air dan berbentuk segitiga seperti gunung biasanya
d. Seamount : bagian puncak sama seperti volcano island, tetapi tidak keluar dari permukaan air.
Contoh dari gunung laut adalah gunung Krakatau di Indonesia, gunung Maona Lao di Hawaii. Didalam laut ada juga gunung berapi.
Gambar2. Gunung berapi bawah laut
Kebanyakan seamounts dibangun oleh salah satu dari dua proses vulkanik. Gunung berapi di dekat batas lempeng dan pegunungan di tengah laut yang dibangun oleh dekompresi leleh batuan di dalam mantel yang kemudian mengapung ke permukaan, sementara gunung berapi terbentuk di dekat zona subduksi diciptakan karena subduksi lempeng menambahkan volatil ke plat nya meningkat yang meningkatkan titik leleh .

2.   Palung laut (trog/trench)
Palung laut adalah daerah ingressi dilaut yang bentuknya memanjang. Dengan kata yang lebih sederhana, palung laut juga bisa diartikan sebagai daerah didasar laut yang sangat dalam, berdinding curam, yang semakin menyempit. Namun, ada juga yang mnegatakan bahwa palung laut adalah dasar laut yang dalam, yang diakibatkan oleh menyusupnya lempeng samudera ke bawah lempeng benua. Jadi lokasi dari palung berada di daerah tumbukan lempeng benua dan samudera, seperti di barat pulau sumatra dan selatan pulau jawa. Palung laut berada di daerah the deeps. Salah satu contoh palung yang paling terkenal di dunia adalah palung terdalam yang bernama palung marina.
Palung marina Kedalaman palung ini mencapai 11,034 meter (36,201 kaki) di bawah permukaan laut dengan panjang palung mencapai 2550 Km (1580 mil).
Gambar3. Palung Marina

3.   Basin (cekungan laut/lubuk laut)
Lubuk laut atau basin atau bekken adalah cekungan di dasar laut berbentuk bulat atau lonjong (oval). Basin terjadi akibat pemerosotan dasar laut. Beberapa mempertimbangkan cekungan samudra menjadi komplemen dari benua, dengan erosi yang mendominasi , dan sedimen sehingga diperoleh berakhir di cekungan samudera.Lainnya menganggap cekungan laut lebih sebagai basaltik dataran, daripada sebagai deposit sedimen, karena sedimentasi didefinisikan yang paling terjadi pada rak kontinental dan tidak dalam cekungan laut geologis.
Cekungan laut dapat digambarkan sebagai piring-seperti depresi dasar laut. Cekungan laut mempunyai ukuran yang bervariasi dari fitur-fitur yang relatif kecil dari margin kontinental untuk divisi struktural besar dari laut dalam. Cekungan laut terbesar 3 sampai 5 kilometer (2 sampai 3 mil) dalam dan membentang dari tepi luar dari benua ke mid-ocean ridges. Ada lima subdivisi utama dari laut dunia:
-       Samudra Pasifik,
-       Samudra Atlantik,
-       Samudra Hindia,
-       Samudra Selatan,
-       Samudra Arktik.
Samudera Pasifik, Atlantik dan India cekungan laut konvensional dan dibatasi oleh massa kontinental atau oleh pegunungan dan arus laut, mereka bergabung di bawah 40° Lintang Selatan di Antartika saat ini melingkari, atau Drift Angin barat, di Selatan (atau Antartika ) Samudra. Di Daerah Kutub Utara, Arktik Samudra hampir bundar, hampir daratan kecuali antara Greenland dan Eropa, dianggap sebagai subdivisi laut kelima.

4.   Punggung Laut
Punggung laut merupakan satuan atau deretan bukit di dalam laut. Contohnya, punggung laut Sibolga.

5.   Ambang Laut
Ambang laut atau drempel adalah punggung laut yang memisahkan dua bagian laut atau dua laut yang dalam. Contohnya, Ambang Laut Sulu, Ambang Laut Sulawesi, dan Ambang Laut Gibraltar.

Kesimpulan
  1. Gunung laut adalah bagian dari dataran lautan yang berdiri sendiri dengan kaki yang mulai ada di dasar laut dan puncak gunung laut yang muncul keluar dari permukaan laut.
  2. Palung  laut adalah daerah didasar laut yang sangat dalam, berdinding curam, yang semakin menyempit.
  3. Basin adalah cekungan di dasar laut berbentuk bulat atau lonjong (oval).
  4. Selain gunung laut, palung dan basin, dataran bawah laut juga memiliki punggung laut dan ambang laut.


2 komentar: